Bagaimana Cara Melakukan Teknik Sikap Kuda-Kuda dan Manfaatnya

Yang Pernah Belajar pencak silat pasti mengenal istilah Kuda-Kuda, kuda-kuda yang saya maksud bukan artian hewan kuda ya, Tetapi sikap dimana posisi tapak kaki melebar yang berfungsi memperkokoh posisi tubuh. Kuda-kuda dalam pencak silat berperan penting yaitu mempertahankan posisi tubuh agar tidak mudah di jatuhkan saat lawan menyerang. Kuda-kuda juga bisa untuk menahan dorongan atau bisa menjadi dasar titik tolak serangan (tendangan maupun pukulan).

Kuda-kuda dalam pencak silat Trigunasakti banyak sekali ragamnya :
  1. Kuda-Kuda Depan
  2. Kuda-Kuda Serong (Kanan dan Kiri)
  3. Kuda-Kuda Lurus
  4. Kuda-Kuda Kanan Tutup
  5. Kuda-Kuda Kiri Tutup
  6. Kuda-Kuda Doyong
  7. Kuda-Kuda Silang
Pasti bingung ya, Anda akan bingung kalau belum pernah ikut latihan. Nama yang di berikan untuk pasang kuda-kuda bertujuan untuk memudahkan kami dalam mengingat dan menghafal gerakannya.

Mengapa setiap murid harus di ajarkan Sikap Kuda-Kuda?
Hampir di setiap perguruan mengfokuskan kepada murid-murid yang baru masuk untuk belajar sikap kuda-kuda. Dengan kata lain begini saya akan ilustrasikan kuda-kuda bisa di sebut pondasinya pencak silat bila kuda-kuda kokoh maka orang tersebut tidak mudah di tumbangkan/dirobohkan hanya sekali dorongan.

Anda tahu ketika bangun rumah, apa yang akan di lakukan oleh tukang bangunan? Tentunya membangun pondasi rumah terlebih, setelah pondasi jadi dinding, pintu, jendela dkk menyusul. Apa yang terjadi bila kondisi pondasi rumah tidak kuat. Anda bisa menebaknya.

Oleh karena itu bagi Anda yang baru masuk di perguruan pencak silat trigunasakti pasti di ajarkan sikap kuda-kuda. Tapi biasanya pelatih tidak menyebutkan fungsi kuda-kuda dengan detail sehingga saat latihan di lapangan tidak optimal.
Dokumen Pribadi : Fungsi Kuda-kuda diterapkan dalam bentuk formasi
Dokumen Pribadi : Sikap Kuda-kuda Masih dalam bentuk Formasi
Sikap Kuda-Kuda diterapkan dalam Pematahan Benda Keras
Aplikasi Sikap Kuda-Kuda saat Fight
Sikap Kuda-Kuda di aplikasikan Untuk Tendangan Memutar

Sampai sini mengertikan apa yang di maksud sikap kuda-kuda dan fungsinya dalam gerakannya? Nah kali ini saya akan terapkan bagaimana cara latihan sikap kuda-kuda yang baik dan benar. Tentunya Anda harus lakukan sendiri di rumah rutin setiap harinya hanya butuh waktu 10 - 20 menit aja gak banyak.
  • SikapSempurna
  • Sikap Pasang Kuda-Kuda (buka lebar kaki kira-kira jarak tidak melebihi 10 cm dari bahu Anda lalu tekuk kaki kedepan badan tegap pandangan lurus kedepan) cari posisi yang paling nyaman saat berdiri.
  • Lakukan Minimal 10 - 20 Menit dimanapun, kapanpun kondisinya tentunya Anda yang lebih tahu. Jangan sampai saat lagi jam pelajaran sekolah Anda lakukannya saya tidak menyarankan.
  • Bila bagian paha sudah mulai pegal silahkan kembali ke posisi sempurna dan lakukan lagi sikap kuda-kuda tersebut dan waktunya lebih lama dari sikap yang pertama.
  • Saya harap Anda konsisten dalam melakukan latihan ini.
Manfaat Kuda-Kuda dalam kehidupan sehari :
  1. Tubuh lebih terlindungi bisa jadi saat anda sedang jalan terus di tabrak oleh pengguna jalan lain Anda tidak mudah jatuh
  2. Akan mudah melakukan gerakan apapun (pukulan, tangkisan, formasi, elakan, tendangan ataupun jurus)
  3. Jalan menjadi tegap.
Mungkin pengetahuan saya baru segitu dan saya tidak bisa menuliskannya lebih detail di karenakan keterbatasan kosa kata. Mohon maaf bila ada penulisan yang kurang tepat. Saya minta di koreksi ya, khususnya para senior yang sudah lama berkecimpung di pencak silat trigunasakti.

Jangan malas untuk latihan terus asa kemampuan Anda. Pencak silat ini tidak hanya bermanfaat sebagai pelindung diri bermanfaat juga sebagai kesehatan, jiwa kepemimpinan dll. OK

Post a Comment

0 Comments